Resensi Buku - Kehamilan yang di damba


Kehamilan dan kesuburan, hal tersebut yang pertama kali terlintas saat membaca judul buku ini. Didalamnya akan terdapat banyak penguraian tentang berbagai masalah seputar kehamilan dan kesuburan, mulai dari penyebab, penanganan yang harus dilakukan, serta persiapan mental dalam menghadapi hal terburuk sekalipun seandainya upaya untuk mendapatkan kehamilan tak kunjung datang. Buku yang ditulis oleh seorang dokter ahli kandungan ini bahasannya cukup ilmiah, diselingi sepotong obrolan-obrolan ringan seputar kehamilan, yang kemudian diikuti dengan berbagai penjelasan. Pada bagian pembuka penulis menceritakan sedikit tentang bagaimana reaksi seorang ibu muda yang begitu merindukan kehadiran seorang anak setelah bertahun tahun tak kunjung hamil.
Kemudian penulis membahas secara cermat tentang pengertian kesuburan, fertilitas dan infertilitas dalam bahasa medis yang mudah dipahami, dijelaskan secara teratur apa-apa yang menjadi penyebab dan bagaimana menanggulanginya, ditinjau dari segi medis dan agama. Bahasan tentang perjalanan pembuahan dalam alat reproduksi pria dan wanita sampai terjadinya proses kehamilan sangat detail dijelaskan. Pembaca akan sangat terkesan karena penulis mampu menjelaskan sistem kerja alat reproduksi yang bekerja secara bersinergi satu dan lainnya, sehingga membuka kesadaran kita akan kemahabesaran Allah SWT.
Buku ini sangat bermanfaat untuk dibaca bagi pasangan yang sangat mendambakan kehadiran anak. Dikatakan juga faktor stress sangat berperan dalam menghambat proses kehamilan, karena hormon yang dihasilkan dari seorang yang sedang stress akan merusak dan mengganggu calon janin untuk bertahan hidup. Pada bahasan lain diterangkan juga hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mengupayakan kehamilan, yaitu upaya preventif seperti membiasakan pola hidup sehat, dan menghindari stress, juga upaya kuratif seperti pengaturan dalam berhubungan intim.
Kemudian bahasan tentang perkembangan janin dalam kandungan, perkembangan organ-organ tubuh dan aktifitas janin dalam kandungan sesuai umur kehamilan dalam hitungan minggu. Pada bagian keempat dibahas tentang kehamilan abnormal, sehingga seorang calon ibu dapat mendeteksi secara benar apakah ia hamil sesungguhnya, ataukah hamil abnormal seperti hamil anggur atau hamil kosong, dan lain sebagainya.Pada bagian penutup, setelah sepasang suami istri menjalani berbagai proses dalam rangka mendapatkan bayi, penulis memberikan arahan bahwa dibalik semua hal tersebut ada kuasa Allah, selalu ikhtiar, doa dan tawakkal. Takdir Allah yang menentukan pada akhirnya. Solusi untuk mendapatkan anak melalui adopsi serta tatacaranya juga dibahas diakhir buku oleh penulis. Buku ini memang layak dijadikan referensi oleh pasangan yang benar-benar mendambakan kehadiran sang buah hati.
 
Judul buku :  Kehamilan yang didamba  
Penulis        :  dr. H. Hanny Ronosulistyo, Sp.OG (K), M.M.  
Penerbit       :  Khazanah Intelektual.  
 
 

Share this:

Posting Komentar

Total Pengunjung

 
Copyright © Al Husna Kuwait. Designed by OddThemes & Best Wordpress Themes 2018