99 Cahaya di Langit Eropa

Apa yang ada di benak kita ketika disebut kata "Eropa" ? mungkin akan tampak menara Eiffel, keindahan kota London dan Paris, menara Pizza, dll, akan hadir di pelupuk mata kita. Sekilas pula ada keinginan untuk bisa berkunjung ke sana, sekedar jalan-jalan, ataupun menikmati tempat bersejarahnya.

Tetapi jarang yang mengira, bahwa di sana tersimpan banyak sejarah Islam juga cahaya Islam yang pernah merebak di banyak bagian Negara Eropa, yang kini cahaya itu pelan-pelan meredup karena ummat Islam itu sendiri telah melupakan sejarah para pendahulunya. .


Buku berjudul 99 Cahaya di Langit Eropa, merupakan novel yang telah hadir buat kita yang haus akan sejarah Islam, terlebih yang berhubungan dengan Eropa.

Buku yang ditulis oleh Pasutri : Hanum Salsabila Rais & Rangga Almahendra ini, merupakan buku yang unik, apik dan teratur berdasarkan penglaman penulis selama 3 th tinggal  di Eropa, yang akan mengajak kita mengadakan sebuah safar "perjalanan". Bermula dari cerita tentang perjalanannya ke Wina, Paris, Spanyol, dan berakhir di Turki.

Tidak sekedar jalan-jalan, tetapi kita disuguhkan sejarah Islam yang pernah bercahaya di sana. Di Paris misalnya, siapa yang tidak kenal dengan buah karya pelukis Leonardo Da Vinci, yaitu Mona Lisa yang terkenal itu. Lukisan ini terdapat di museum Louvre, museum terlengkap sedunia, Di museum ini bukan hanya tersimpan karya-karya orang-orang Eropa yang notabene nonmuslim, tetapi juga terdapat ribuan benda dan artefak Islam, yang salah satunya Bola Langit karya Yunus Ibn Husayn al Asturlabi (1145), tepatnya peta antariksa ilmu falak yang dikembangkan astronom islam pada abad ke-12.

Dan mungkin yang tidak pernah diduga semua orang, di sana terdapat lukisan Bunda Maria dan bayi Yesus karya Ugolino di Nerio ketika diperhatikan kerudung yang dia pakai bertuliskan kalimat tauhid Laa illa ha illallah. Bukan hanya itu saja, masih banyak hal-hal lain yang menunjukkan bahwa Islam pernah Berjaya di Eropa
------------------------------------------------------------------------------
Judul Buku : 99 Cahaya di Langit Eropa, Penulis : Hanum Salsabila Rais & Rangga Almahendra ,Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama. Ketebalan : 400 halaman 
Tersedia di Perpustakaan Al husna




Share this:

Posting Komentar

Total Pengunjung

 
Copyright © Al Husna Kuwait. Designed by OddThemes & Best Wordpress Themes 2018