Nasi Kabsah Daging Kambing

DAPUR AL  HUSNA
Bersama Fatma  Chusnul Khotimah

Assalamu'alaikum…..Pembaca setia Buletin al Husna, setelah kita mencoba masakan Indonesia, kali ini Dapur al Husna akan memanjakan lidah anda dengan masakan khas Timur Tengah yang sering disebut Nasi Kabsah. Nasi Kabsah disini adalah satu jenis nasi yang cara memasaknya  dicampur dengan bumbu-bumbu, daging, dan kaldunya, sehingga membuat nasi itu mempunyai aroma yang khas dan tentunya cita rasa yang sangat istimewa. Semoga resep ini bisa menambah koleksi masakan anda dan memuaskan bagi anda yang suka  mencoba citarasa baru. 

"Nasi Kabsah Daging Kambing"

Bahan-bahan :
1 kg daging
1 kg beras basmati (kalau tidak ada bisa diganti dengan beras yang agak keras dan panjang jenisnya)
5 buah tomat (diparut)
1 buah tomato pasta
1 ikat daun ketumbar

Bumbu-bumbu :
2 biji bawang merah besar
2 siung bawang putih dimemarkan
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt kunyit bubuk
1 sdt lada bubuk
1 sdt kari bubuk
3 biji kapulaga
3 biji cengkeh
2 cm kayu manis
2 buah lemon kering{lemon hitam}
garam secukupnya
3 sdm minyak untuk menumis 
2 liter air kurang lebih

"Cara membuat"
Pertama cuci beras lalu rendam kira-kira 30 menit.
iris bawang merah lalu tumis dalam panci, setelah layu, masukan semua bumbu tersebut , kemudian masukan tomat dan tomato pasta, masukan daging aduk-aduk hingga agak setengah matang, kemudian tambahkan airnya biarkan mendidih dan sampai dagingnya empuk.
Setelah empuk dagingnya,  saring kaldu dan ambil dagingnya lalu masukan dalam panci dan didihkan kembali, setelah mendidih masukan beras dan seikat daun ketumbar , usahakan air kaldu menutupi beras hingga 2 cm, kemudian tutup biarkan kira-kira 5 menit dengan api besar jangan di aduk-aduk, lalu kecilkan apinya dan tutup rapat dengan alumonium foil, setelah mengeluarkan asap lalu buka.kabsah daging kambing siap untuk disaji, agar lebih lezat taburi bawang goreng dan kacang mete goreng, selamat mencoba.


Share this:

Posting Komentar

Total Pengunjung

 
Copyright © Al Husna Kuwait. Designed by OddThemes & Best Wordpress Themes 2018