Tips Menjaga Kesehatan Saat Bersafar

Bepergian jauh baik dalam urusan bisnis maupun berlibur tentu akan melelahkan setiap orang, kelelahan ini bisa mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh. Beberapa tips berikut ini dapat membantu anda menjaga kesehatan agar tetap bugar selama bersafar.   
1. Setidaknya seminggu sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan sehat dan vitamin , disertai juga dengan olahraga yang teratur. Cukup vitamin C dan D bisa membantu kekebalan tubuh.. 
2. Usahakan tidur malam setidaknya 6-8 jam sebelum melakukan perjalanan karena hal ini bisa meningkatkan produksi melatonin yang berfungsi penting dalam system kekebalan tubuh. Begitu juga selama dalam perjalanan, anda harus memperhatikan tidur dan istirahat anda.
3. Mencari tahu tentang iklim atau cuaca tempat tujuan agar kita bisa menentukan pakaian yang akan kita bawa
4. Catat riwayat penyakit yang anda alami dan nama obat yang pernah anda konsumsi sehubungan dengan penyakit tersebut, misalnya penyakit kronis, riwayat alergi. Jangan lupa catat nama dokter dan nomor teleponnya atau seseorang yang bisa anda hubungi dalam keadaan darurat.
5. Bila anda mempunyai masalah mabuk dalam perjalanan, disarankan meminum obat yang sesuai satu jam sebelum perjalanan agar efektif. Dan jika anda termasuk orang yang sering menderita jet lag (mabuk pasca terbang), maka makan sedikit tapi sering bisa membantu mengurangi gangguan tersebut.
6. Yakinkan bahwa makanan dan minuman yang anda konsumsi bersih dan sehat, dan selalu mencuci ta ngan di setiap kesempatan
7. Perbedaan tekanan udara sering mengganggu indera pendengaran anda, maka mengunyah permen karet dapat membantu mengatasi hal ini
8. Bila perjalanan lebih dari 3 jam, maka bebaskan kaki anda dari sepatu sehingga otot-otot kaki menjadi rileks
9. Menjaga emosi tetap stabil selama perjalanan. Ini bisa dilakukan mi salnya dengan cara membaca, menulis, menikmati alat hiburan, maupun sekedar ngobrol.
10. Pijat setelah perjalanan jauh. Karena dengan pijat akan mengurangi kortisol dalam darah yang diakibatkan karena stress dalam perjalanan, yang dapat menghancurkan sel-sel kekebalan tubuh.(Ummu Hana)

Share this:

Posting Komentar

Total Pengunjung

 
Copyright © Al Husna Kuwait. Designed by OddThemes & Best Wordpress Themes 2018